Online Service
Poling
Bagaimana pelayanan Website kami ?
 
Kegiatan

UPACARA MENYAMBUT HUT KEMERDEKAN RI Ke - 70


Kudus – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, Pengadilan Agama Kudus  melaksanakan upacara 17-an. Kegiatan bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Kudus pada Senin 17/08/2015 yang dihadiri oleh segenap hakim, dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kudus.

Upacara kemerdekaan  RI ke-70 ini dimulai pukul 07.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Sucipto,MSI  selaku Inspektur Upacara.

Upacara berakhir pada pukul 08.30 WIB, berjalan dengan khidmat dan lancar. Setelah itu dilanjutkan dengan acara tasyakuran dan doa bersama yang dipimpin oleh Drs.KH.Tashin Hakim Pengadilan Agama Kudus. Semoga dengan menyambut HUT kemerdekaan RI dapat mengingatkan kembali jasa para pahlawan, dan memberikan semangat etos kerja bagi warga peradilan agar selalu memberikan pelayan prima bagi masyarakat.

Last Updated (Friday, 28 August 2015 18:15)

 
Kegiatan

PELANTIKAN PANITERA PENGGANTI SEKALIGUS ACARA

PISAH SAMBUT DAN ACARA HALAL BI HALAL


Bertempat di Ruang Sidang I Pengadilan Agama Kudus pada hari Rabu 29/07/2014 Pukul 01.00 Wib, Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs. Sucipto, MSI melantik Panitera Pengganti Pengadilan Agama Kudus. Panitera Pengganti yang dilantik yaitu Tazkiyaturrobihah, S.Ag., M.H. yang sebelumnya bertugas sebagai Panitera Pengganti pada Pengadilan Agama Jepara Kelas IB. Kemudian pada hari yang sama ketua Pengadilan Agama Kudus juga melantik Panitera Pengganti bernama Nur Suryani Siwi, S.Ag. yang sebelumnya bertugas sebagai Panitera Pengganti pada Pengadilan Agama Demak Kelas IB

Last Updated (Wednesday, 05 August 2015 01:59)

Read more...

 
Kegiatan

Sambut hari pertama masuk kerja dengan saling bermaafan


Kudus 22/07/2015 bertempat di depan lobi meja informasi dengan acara yang sederhana para pegawai berkumpul dalam acara syawalan. Dalam acara ini semua pegawai mulai dari hakim, serta pejabat fungsional dan struktural kepaniteraan dan kesekretariatan serta honorer turut hadir.

Last Updated (Monday, 27 July 2015 02:36)

Read more...

 
Kegiatan

Kemenag Kudus Bersama Pengadilan Agama Kudus

Laksanakan Rukyat Hilal Awal Ramadan 2015


Selasa (16/6/2015) Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Sucipto,MSI. Beserta Wakil Ketua Drs.Muslim, SH.,MSI melakukan rukyatul hilal  (melihat posisi bulan) untuk menetapkan awal Ramadan 1436 Hijriah. Rukyat tersebut diselenggarakan  oleh Kementrian Agama Kabupaten Kudus dan Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kudus yang bertempat di Pantai Bandengan Jepara.

Kegiatan rukyat ini juga didukung  oleh unsur akademisi, serta Ormas Keagamaan. Beberapa orang yang hadir dalam rukyat hilal pun dapat  melihat secara langsung posisi bulan.

Read more...

 
Kegiatan

PENERIMAAN MAHASISWA PPL

DI PENGADILAN AGAMA KUDUS


Rabu 17/06/2015, panitia Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari Fakultas Syariah Stain Kudus menyerahkan mahasiswa jurusan al-Ahwal asy-Syakhshiyah dan Ekonomi Islam untuk melaksanakan PPL di Pengadilan Agama Kudus. Secara resmi PPL tersebut telah  diterima oleh ketua pengadilan Agama Kudus Drs.Sucipto, MSI. Adapun pelaksanaan  mahasiswa peserta PPl tersebut dimulai tanggal 17 Juni hingga 30 Juni 2015.

Sementara itu, untuk kelancaran Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Ketua Pengadilan Agama Kudus telah menunjuk Nursaidah, S.Ag  sebagai hakim pembimbing  untuk memberikan pembinaan kepada peserta PPL. Selama praktek ini nantinya para mahasiswa akan menerima materi yang terkait  dengan mekanisme peradilan, disamping itu  mereka juga akan melihat secara langsung proses penanganan perkara di Pengadilan Agama Kudus.

Last Updated (Tuesday, 23 June 2015 00:43)

Read more...

 
Kegiatan
Sumber : https://id.wikipedia.org

Hisab dan Rukyat

Gambar. salah satu contoh hasil pengamatan kedudukan hilal

Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Rukyat dilakukan setelah Matahari terbenam. Hilal hanya tampak setelah Matahari terbenam (maghrib), karena intensitas cahaya hilal sangat redup dibanding dengan cahaya Matahari, serta ukurannya sangat tipis. Apabila hilal terlihat, maka pada petang (maghrib) waktu setempat telah memasuki bulan (kalender) baru Hijriyah. Apabila hilal tidak terlihat maka awal bulan ditetapkan mulai maghrib hari berikutnya.

Perlu diketahui bahwa dalam kalender Hijriyah, sebuah hari diawali sejak terbenamnya matahari waktu setempat, bukan saat tengah malam. Sementara penentuan awal bulan (kalender) tergantung pada penampakan (visibilitas) bulan. Karena itu, satu bulan kalender Hijriyah dapat berumur 29 atau 30 hari.

Last Updated (Tuesday, 16 June 2015 07:53)

Read more...