Online Service
Poling
Bagaimana pelayanan Website kami ?
 
Kegiatan

PENERIMAAN MAHASISWA PPL

DI PENGADILAN AGAMA KUDUS


Rabu 17/06/2015, panitia Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dari Fakultas Syariah Stain Kudus menyerahkan mahasiswa jurusan al-Ahwal asy-Syakhshiyah dan Ekonomi Islam untuk melaksanakan PPL di Pengadilan Agama Kudus. Secara resmi PPL tersebut telah  diterima oleh ketua pengadilan Agama Kudus Drs.Sucipto, MSI. Adapun pelaksanaan  mahasiswa peserta PPl tersebut dimulai tanggal 17 Juni hingga 30 Juni 2015.

Sementara itu, untuk kelancaran Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Ketua Pengadilan Agama Kudus telah menunjuk Nursaidah, S.Ag  sebagai hakim pembimbing  untuk memberikan pembinaan kepada peserta PPL. Selama praktek ini nantinya para mahasiswa akan menerima materi yang terkait  dengan mekanisme peradilan, disamping itu  mereka juga akan melihat secara langsung proses penanganan perkara di Pengadilan Agama Kudus.

Last Updated (Tuesday, 23 June 2015 00:43)

Read more...

 
Kegiatan
Sumber : https://id.wikipedia.org

Hisab dan Rukyat

Gambar. salah satu contoh hasil pengamatan kedudukan hilal

Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Rukyat dilakukan setelah Matahari terbenam. Hilal hanya tampak setelah Matahari terbenam (maghrib), karena intensitas cahaya hilal sangat redup dibanding dengan cahaya Matahari, serta ukurannya sangat tipis. Apabila hilal terlihat, maka pada petang (maghrib) waktu setempat telah memasuki bulan (kalender) baru Hijriyah. Apabila hilal tidak terlihat maka awal bulan ditetapkan mulai maghrib hari berikutnya.

Perlu diketahui bahwa dalam kalender Hijriyah, sebuah hari diawali sejak terbenamnya matahari waktu setempat, bukan saat tengah malam. Sementara penentuan awal bulan (kalender) tergantung pada penampakan (visibilitas) bulan. Karena itu, satu bulan kalender Hijriyah dapat berumur 29 atau 30 hari.

Last Updated (Tuesday, 16 June 2015 07:53)

Read more...

 
Kegiatan

KETUA MAHKAMAH AGUNG RI BERKUNJUNG

DI PENGADILAN AGAMA KUDUS

Sabtu, 25/04/2015 suasana kantor Pengadilan Agama Kudus tidak seperti biasanya. Beberapa petugas keamanan dari kepolisian dan kodim berjaga-jaga, nampak di depan pintu masuk kantor, Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Sucipto, MSI beserta Pegawai berdiri berjejer dengan raut wajah penuh senyuman menyambut kehadiran tamu agung. Saat itu tepat pukul 12.02 WIB Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH., MH. beserta rombongan pejabat MA-RI tiba di Pengadilan Agama Kudus. Dalam kunjungannya kali ini sekaligus juga didampingi oleh Ketua PTA Semarang Drs. H. Mansur Nasir, SH, MH beserta rombongan pejabat dilingkup Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

Ketika memasuki kantor beberapa petugas meja informasi dengan ramah menyambut dan mempersilahkan Ketua MA untuk  mengisi buku tamu. Selanjutnya ia menyempatkan waktu untuk bertanya kepada petugas meja informasi seputar pelayanan informasi yang diberikan kepada masyarakat pencari keadilan.

Pada kunjungannya kali ini Ketua MA yang didampingi oleh KPA Kudus melihat seluruh ruangan dan fasilitas kantor. Sambil melihat seluruh ruangan kantor ia juga memberikan arahan-arahan agar Pengadilan Agama Kudus kedepan semakin maju.

Last Updated (Sunday, 26 April 2015 00:17)

Read more...

 
Kegiatan

PELANTIKAN WAKIL PANITERA SERTA PELEPASAN WAKIL PANITERA

DAN JURUSITA PENGADILAN AGAMA KUDUS


Kamis 02/04/2015 pukul 13.30 WIB, bertempat di ruang sidang I Pengadilan Agama Kudus diadakan acara pelantikan wakil panitera serta pelepasan wakil panitera dan jurusita. Dalam Acara tersebut Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Sucipto, MSI melantik Badruddin, SH. sebagai wakil panitera Pengadilan Agama Kudus yang sebelumnya bertugas sebagai Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Demak.

Selain acara pelantikan, pada hari yang bersamaan juga diadakan  acara pelepasan wakil panitera Dra.Hj.Nur Aziroh yang mutasi tugas ke Pengadilan Agama Pati dan jurusita Kholiq, SH. yang mutasi tugas ke Pengadilan Agama Jepara. Kegiatan berlangsung dengan khidmat, selain dihadiri seluruh pegawai Pengadilan Agama Kudus turut hadir juga rombongan dari pegawai Pengadilan Agama Demak.

Last Updated (Monday, 06 April 2015 05:15)

Read more...

 
Kegiatan

Pelantikan Panitera Muda Hukum dan Panitera Muda Gugatan


Jum’at, 20/03/2015 Pengadilan Agama Kudus mengadakan acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Panitera Muda Hukum dan Panitera Muda Gugatan Pengadilan. Acara bertempat di ruang sidang I dimulai pukul 09.30 WIB dengan dihadiri oleh para hakim, serta seluruh pegawai dari lingkup kesekretariatan dan kepaniteraan. Dua orang Pegawai Pengadilan Agama Kudus yang dilantik adalah Endang Nurhidayati, SH. dan Moh.Rofi’, S.Ag .

Last Updated (Monday, 30 March 2015 05:24)

Read more...

 
Kegiatan

Waka PTA Semarang adakan pembinaan di Pengadilan Agama Kudus

Drs. H. Maradaman Harahap, S.H., M.H. Waka PTA Semarang saat memberikan Pembinaan di Pengadilan Agama Kudus

Senin siang 09/03/2015 di Pengadilan Agama Kudus mendapatkan kunjungan dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Drs. H. Maradaman Harahap, SH, MH dan Pansek Pengadilan Tinggi Agama Semarang H. Tri Haryono, S.H. Saat tiba di Pengadilan Agama Kudus kemudian petugas meja informasi mempersilahkan rombongan menuju ruang tamu ketua.

Setelah ramah tamah dengan jajaran pimpinan Pengadilan Agama Kudus kemudian dilanjutkan dengan pembinaan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Kegiatan pembinaan  dilaksanakan di ruang sidang I yang dihadiri oleh Seluruh pegawai dari mulai hakim, pegawai kepaniteraan, kesekretariatan dan honorer. Dalam pembinaannya Waka PTA Semarang memberikan banyak wawasan mengenai manajemen peradilan yang bermuara pada peningkatan etos kerja, serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat pencari keadilan. Lebih lanjut lagi Waka PTA berpesan kepada seluruh pegawai agar senantiasa melayani para pihak dengan ramah dan santun.

Last Updated (Sunday, 22 March 2015 07:43)

Read more...