Online Service
Poling
Bagaimana pelayanan Website kami ?
 
Kegiatan

UPACARA KEMERDEKAAN DI PENGADILAN AGAMA KUDUS


Pagi hari yang cerah serta tiupan angin berhembus terasa masih dingin kala itu, namun sudah tampak sekumpulan orang  berbaris memadati halaman luas nan indah di Pengadilan Agama Kudus. Suasana kegiatan yang tampak berbeda pada Minggu 17/08/2014 memang telah direncakan sebelumnya, hal tersebut dilaksanakan demi untuk menunjukkan rasa syukur atas kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Berkat jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang melawan penjajah, kini negara Indonesia telah memperingati kemerdekaanya yang ke 69.

Last Updated (Monday, 18 August 2014 13:34)

Read more...

 
Kegiatan

 

PEMBINAAN SEKALIGUS HALAL BI HALAL SE EKS KARESIDENAN PATI OLEH KPTA SEMARANG

Dalam rangka silaturahmi antar warga peradilan agama se eks karesidenan Pati, diadakan halal bi halal pada Kamis 14/08/2014 bertempat di Pengadilan Agama Kudus. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama se eks karesidenan Pati beserta Panitera Sekretaris dan para utusan dari tiap satker yang mewakili.

Read more...

 

PENGADILAN AGAMA KUDUS

GELAR PELANTIKAN HAKIM

Bertempat di Ruang Ketua Pengadilan Agama Kudus, Rabu 16 Juli 2014 Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Muhlas, SH., MH melantik Nursaidah, S.Ag sebagai Hakim Pengadilan Agama Kudus  Kelas I.B.

Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 2093/DjA/KP.04.6/SK/VI/2014 tentang Mutasi Hakim Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah. Acara tersebut dihadiri oleh para Hakim dan sebagian Pegawai  dari lingkup kepaniteraan dan kesekretariatan.

Nursaidah, S.Ag sebelumnya adalah Hakim pada Pengadilan Agama Marisa Kelas II yang kemudian dimutasikan menjadi Hakim pada Pengadilan Agama Kudus  Kelas I.B.

Dengan telah dilantiknya ibu Nursaidah, S.Ag oleh Ketua Pengadilan Agama Kudus, sekarang Pengadilan Agama Kudus mendapatkan tambahan 1 orang Hakim. Penambahan hakim tersebut tentunya akan menambah kelancaran serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat  pencari keadilan . By_Tiem IT PA.Kds

 

Last Updated (Thursday, 17 July 2014 03:35)

 
Kegiatan

KPA Kudus: “Tingkatkan upload publikasi putusan ke Direktori Putusan MA”

Penggalan  kalimat di atas disampaikan Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Muhlas,SH.MH, saat pembinaan pada rapat bulanan pada Selasa siang (01/07/14) dengan para pegawai. Intruksi ketua tersebut ditujukan khususnya kepada para hakim serta  kepada pegawai di kepaniteraan yang menangani perkara. “Mengapa Publikasi putusan harus perlu  di tingkatkan, hal itu dikarenakan untuk memenuhi target standar layanan pemberian informasi kepada publik,” imbuhnya.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Keterbukaan informasi di peradilan  telah diinstruksikan melalui lahirnya  SK Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011, maka dari itu Pengadilan Agama Kudus terus meningkatkan Pelayanan informasi baik melalui situs website maupun meja informasi. Lebih lanjut Ketua juga menyorot tentang pelayanan terhadap para pihak yang berperkara, ia mengingatkan kepada para pegawai untuk tidak memberikan apapun produk pengadilan tanpa ada surat kuasa, sedangkan surat kuasa insidentil ketentuannya hanya berlaku untuk keluarga. Pada akhir pembinaannya ketua  memberikan arahan terkait kegiatan dharma yukti karini kabupaten Kudus agar meningkatkan acara kegiatan sosial, seperti kegiatan penyerahan bantuan dana bea siswa (BDBS) dan lain-lain.

Last Updated (Thursday, 03 July 2014 04:56)

Read more...

 
Kegiatan

Pengadilan Agama Kudus laksanakan sidang itsbat

Awal Ramadan 2014

Jumat (27/6/2014) Pengadilan Agama Kudus melakukan rukyatul hilal  (melihat posisi bulan) untuk menetapkan awal Ramadan 1435 Hijriah. Rukyat tersebut diadakan  oleh Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kudus cq Kementrian Agama Kabupaten Kudus yang bertempat di Pantai Bandengan Jepara. Adapun Tim BHRD dari unsur Pengadilan Agama Kudus adalah Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Muhlas,SH.,MH dan Panitera/Sekretaris Drs.H.Lukman Hakim.

Kegiatan ini juga diikuti oleh unsur akademisi yakni, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, Sekolah Tinggi Agama Islam Pati (STAIP), serta Ormas Keagamaan. Dari semua yang hadir dalam rukyat hilal dapat  melakukan rukyat baik melalui alat maupun melihat langsung.

Dari kegiatan rukyatul hilal yang telah dilaksanakan, selanjutnya Tim BHRD Kudus memaparkan secara teori hisab, bahwa situasi menjelang awal bulan Ramadhan 1435 H  ijtimak terjadi pada hari Jumat pahing, 27 Juni 2014 M, pukul 15.09 Wib. Kemudian saat matahari terbenam di Pantai bandengan Jepara pada pukul 17.33 Wib pada tanggal 27 Juni 2014 tersebut, kondisi ketinggian hilal adalah 00 derajat 30 menit 48.93 detik di atas ufuk, yang berarti ketinggian hilal masih di bawah 2 derajat di atas ufuk.

Read more...

 
Kegiatan

MAHKAMAH AGUNG MERAIH KEMBALI WTP

Sumber : www.pta-semarang.go.id

Jakarta-Humas, hari ini Jumat tanggal 20 Juni 2014 tepat pukul 9.30 Wib di Gedung Badan Pemeriksaaan Keuangan (BPK), Mahkamah Agung kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Hal ini berhasil diwujudkan berkat kerja keras dan kerja sama seluruh pihak di jajaran Mahkamah Agung dan pengadilan dibawahnya.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan LKKL (Laporan Keuangan Kementrian dan Lembaga) tahun 2013 diberikan langsung oleh Wakil Ketua BPK bapak Hasan Bisri yang diberikan kepada 26 Kementerian dan Lembaga yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), 9 Kementerian dan Lembaga yang mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan 2 Kementerian dan Lembaga yang mendapatkan opini disclaimer.

Last Updated (Wednesday, 02 July 2014 06:48)

Read more...