Online Service
Poling
Bagaimana pelayanan Website kami ?
 
Kegiatan

KY Menyeleksi Dua Calon Hakim Agung untuk Kamar Agama

sumber : www.badilag.net

Jakarta l Badilag.net

Setelah sekian lama tidak ada seleksi hakim agung untuk Kamar Agama Mahkamah Agung, kini Komisi Yudisial membuka pendaftaran untuk memilih calon hakim agung yang akan ditempatkan di Kamar Agama MA.

Melalui siaran persnya, KY mengumumkan bahwa KY akan menyeleksi 10 calon hakim agung. Mereka terdiri dari dua orang untuk Kamar Agama, dua orang untuk Kamar Perdata, dua orang untuk Kamar Pidana dan tiga orang untuk Kamar Tata Usaha Negara.

KY mendasarkan diri pada surat dari Wakil Ketua MA Bidan Non-Yudisial tertanggal 30 Januari 2014. Berdasarkan surat itu, MA berniat mengisi kekosongan jabatan untuk 10 hakim agung.

Read more...

 
Kegiatan

Dr. H. Ahmad Kamil, S.H., M.Hum:

Punya Imam Baru, Peradilan Agama Harus Lebih Maju

Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial Dr. H. Ahmad Kamil, S.H., M.Hum ketika berpamitan dengan para Ketua PTA/MS Aceh seusai memberi pengarahan pada rapat koordinasi Badilag, Oktober 2013, di Bogor. [Foto: Iwan Kartiwan]

Sumber : Jakarta l Badilag.net

Senin (10/2/2014) bukan saja menjadi hari terakhir Dr. H. Ahmad Kamil, S.H., M.Hum menduduki jabatan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial. Senin ini juga menjadi hari terakhir Pak Kamil—panggilan akrabnya—menjadi imam bagi warga peradilan agama.

“Imam di peradilan agama mulai 11 Februari besok adalah Pak Andi,” kata Pak Kamil, di sela-sela rapat kerja Badilag di Bandung, 4 Februari lalu.

Pak Andi yang dimaksudnya adalah Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H., M.H. yang saat ini menjabat sebagai Ketua Kamar Agama MA.

Read more...

 
Kegiatan

SEMA 10/2010 Diganti dengan Perma 1/2014, Prosedur Bantuan Hukum di Pengadilan Dipermudah

SUMBER ,Jakarta l Badilag.net

Surat Edaran MA Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum kini sudah tidak berlaku. Ini setelah pada 9 Januari 2014 lalu Ketua MA Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. menetapkan Peraturan MA Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan. Perma ini berlaku sejak diundangkan, yaitu 16 Januari 2014.

“MA dan badan-badan peradilan yang berada di bawahnya harus memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memperoleh keadilan, termasuk akses untuk memperoleh keadilan bagi masyarakat yang tidak mampu,” demikian salah satu pertimbangan Ketua MA menetapkan Perma tersebut.

Ruang lingkup layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di pengadilan yang diatur di Perma 1/2014 terdiri dari layanan pembebasan biaya perkara, penyelenggaraan sidang di luar gedung pengadilan dan penyediaan posbakum pengadilan.

Ini tidak berbeda jauh dengan ruang lingkup layanan bantuan hukum di pengadilan menurut SEMA 10/2010. Pada SEMA yang ditetapkan pada 30 Agustus 2010 itu, bantuan hukum meliputi layanan perkara prodeo, penyelenggaraan sidang keliling dan penyediaan posbakum.

Last Updated (Thursday, 06 February 2014 05:01)

Read more...

 
Kegiatan

KPA Kudus: “Sambut tahun baru 2014 dengan kinerja yang lebih baik, Bekerja boleh santai tetapi serius”

Sebagian Kata ungkapan tersebut di atas disampaikan Drs.Muhlas,SH.,MH Ketua pengadilan Agma Kudus, saat rapat koordinasi di ruang sidang I dengan seluruh pegawai pada tanggal 07/01/2014. Disampaikan pula, seyogyanya laporan perkara rutin bulanan jangan sampai hijau semangka. “Bila dilihat pada Siadpa Lipa valid ternyata berkas belum diminutasi, ”ungkapnya. Ia menegaskan berkas perkara harus diminutasi atau selesai dalam jangka waktu maksimal 14 hari tidak boleh lebih. “Dengan terpenuhinya minutasi yang kongkrit, maka pelayanan terhadap para pencari keadilan serta laporan perkara dapat optimal,” imbuhya.

Dalam pembinaanya pula, KPA menghimbau kepada seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kudus agar mengawali tahun baru dengan niat yang baru serta saling menjaga silaturahmi. Ia mengharapkan niat-niat tersebut di wujudkan dengan membuat gebrakan sistem yang mengarah pada produktivitas kinerja yang lebih baik. KPA juga mengucapkan terimaksih atas kinerja para pegawai selama setahun ini. “Kemudian Di tahun 2014 mendatang seluruh pegawai saat absensi wajib memperhatikan kedisiplinan waktu, ” tuturnya. Di akhir pembinaannya, disampaikan beberapa kewenangan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kudus sebagai monitoring intern kantor, penjelasan mengenai bidang hawasbid, serta fungsi dan kewenangan Panitera/Sekretaris.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Muslim,SH.,MSI menuturkan beberapa pantauan mengenai kedisiplinan pegawai selama ini, untuk itu agar ditingkatkan kinerja yang lebih baik ditahun mendatang. Dalam kesempatan yang sama pula Panitera/Sekretaris Drs.H.Lukman Hakim, menyampaikan beberapa kebijakan pimpinan, salah satunya adalah perintah kepada para mentee/cakim untuk upload putusan ke situs putusan.mahkamahagung.go.id minimal 1 putusan setiap hari.

 

Selanjutnya Ia juga memberikan penjelasan tentang sistem relaas/panggilan Jurusita/Jurusita Pengganti perkecamatan. Dijelaskannya bahwa ada koordinator panggilan yang bertugas membagikan relaas kepada Jurusita/Jurusita Pengganti, setelah itu hasil relaas langsung diserahkan kepada Panitera/Panitera Pengganti. Dengan sistem pemangilan relaas perkecamatan ini diharapkan Jurusita/Jurusita Pengganti akan optimal dalam melaksanakan tugasnya. Sebelum rapat ditutup, diadakan evaluasi serta tanya jawab yang dipandu langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kudus. By.Tim It

 

putusan.mahkamahagung.go.id minimal 1 putusan setiap hari.

Foto.

Selanjutnya Ia juga memberikan penjelasan tentang sistem relaas/panggilan Jurusita/Jurusita Pengganti perkecamatan. Dijelaskannya bahwa ada koordinator panggilan yang bertugas membagikan relaas kepada Jurusita/Jurusita Pengganti, setelah itu hasil relaas langsung diserahkan kepada Panitera/Panitera Pengganti. Dengan sistem pemangilan relaas perkecamatan ini diharapkan Jurusita/Jurusita Pengganti akan optimal dalam melaksanakan tugasnya. Sebelum rapat ditutup, diadakan evaluasi serta tanya jawab yang dipandu langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kudus. By.Tim It

Last Updated (Wednesday, 15 January 2014 04:52)

 
Kegiatan

RAPAT KOORDINASI DAN PEMBINAAN KETUA

PENGADILAN AGAMA KUDUS

Foto.KPA.Kudus Drs.Muhlas, SH., MH. sedang memberikan pengarahan

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Kudus, Kamis (12/12/2013) pukul 01.30 WIB seluruh Hakim, pejabat Struktural dan Fungsional pegawai Pengadilan Agama Kudus melaksanakan rapat koordinasi yang bertujuan mengevaluasi kinerja Pegawai.  Rapat koordinasi dibuka oleh Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Kudus Drs.H.Lukman Hakim. Setelah acara pembukaan Ketua Pengadilan Agama Kudus Drs.Muhlas, SH., MH. memberikan pengarahan serta pembinaan terkait laporan-laporan kinerja pegawai.

Pada pembinaan tersebut KPA menginstruksikan kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja. “Pelayanan terhadap para pencari keadilan juga perlu ditingkatkan agar tepat waktu, jangan sampai waktu  mereka  terabaikan saat menunggu di kantor pengadilan”, tegasnya. KPA juga menghimbau agar para Panmud dilingkup kepaniteraan selalu sigap apabila ada pegawai tidak masuk. Menurutnya hal tersebut sangatlah urgen karena pelayanan setiap hari terhadap para pencari keadilan harus didukung oleh pegawai dengan kinerja yang optimal.

Last Updated (Wednesday, 18 December 2013 10:11)

Read more...

 
Kegiatan

Diskusi Hukum Edisi ke-3 Luar Biasa

Jakarta l Badilag.net

Diskusi hukum putaran tiga yang diselenggarakan Badilag, Selasa (3/12/2013), berlangsung luar biasa. Apa yang terjadi sungguh di luar perkiraan.

“Diskusi ini luar biasa sukses,” kata Dirjen Badilag Drs. H. Purwosusilo, S.H., M.H. ketika menutup diskusi yang berlangsung di ruang rapat besar Ditjen Badilag, lantai 6 Gedung Sekretariat MA itu.

Adiwarman Karim (paling kanan) dan Prof. Jaih Mubarok (paling kiri) menerima cinderamata dari Ketua Kamar Peradilan Agama (kedua dari kiri) dan Dirjen Badilag (ketiga dari kiri) seusai diskusi. [Foto-foto: Ridwan Anwar]

Keluarbiasaan diskusi ini terlihat jelas mulai dari hadirnya narasumber utama, Dr. Ir. H. Adiwarman A. Karim, MBA, MAEP, mulai jam 10 hingga 12, lalu disambung lagi pada jam 13 hingga 15. Praktisi sekaligus akademisi ekonomi syariah itu akhirnya berkenan mengisi diskusi, di sela-sela agendanya yang sangat padat.

Meski sempat meninggalkan ruang diskusi untuk menjenguk teman dekatnya yang sedang dirawat di rumah sakit, Adiwarman Karim berhasil menjadikan diskusi yang mengangkat tema perkembangan ekonomi syariah dan potensi sengketanya ini memiliki bobot tersendiri, menarik sekaligus menghibur.

Last Updated (Tuesday, 10 December 2013 04:42)

Read more...