Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Kudus, "Melayani, Amanah, Normatif, Transparan, Akuntabel, Profesional"

Hits: 265

Ujian Simulasi Praktik Sidang Semu Mahasiswa PPL IAIN Kudus

Bertempat di Ruang Sidang 3 Pengadilan Agama Kudus, pada Hari Jumat tanggal 21 Juli 2023 telah dilaksanakan praktik Simulasi Sidang Semu oleh 3 Mahasiswa Magang Semester 4 Program Studi Hukum Keluarga Islam dari IAIN Kudus. Diakhir masa praktikum di Pengadilan Agama Kudus, mahasiswa magang melaksanakan ujian simulasi praktik sidang dengan maksud untuk menambah ilmu dan pengetahuan mengenai perjalanan sidang dari awal hingga akhir, serta untuk memenuhi nilai pada SKS Simulasi Praktik Sidang Semu dari Kampus tersebut.

Turut hadir dalam Ujian Simulasi Praktik Sidang Semu adalah Hakim Pengadilan Agama Kudus Bapak Mohammad Imaduddin, S.Sy., M.H. sebagai Penguji Mahasiswa PPL.

Dalam Ujian Simulasi Praktik Sidang Semu Mahasiswa PPL IAIN Kudus tersebut mengangkat kasus tentang Cerai Gugat. Mahasiswa PPL tersebut mempraktikkan proses persidangan pertama hingga Pembacaan Putusan (persidangan terakhir) dari kasus cerai gugat tersebut.

Sidang Semu ini dimaksudkan untuk membekali skills dan pengetahuan kepada Mahasiswa PPL terkait dengan praktik sidang cerai gugat, mulai dari pembukaan sidang, pemeriksaan surat-surat terkait keabsahan kuasa hukum, proses mediasi, pembacaan gugatan dan Jawab Jinawab (Replik Duplik), Pemeriksaan Alat Bukti dan saksi-saksi, Penyampaian Kesimpulan, Musyawaran Majelis dan Pembacaan Putusan serta penjelasan tentang upaya hukum yang dapat ditempuh apabila ada pihak yang tidak puas dengan isi putusan.

Praktik Sidang Semu ini dilaksanakan dengan penuh antusias dan semangat oleh mahasiswa sesuai dengan perannya masing-masing. Acara kemudian ditutup dengan penyerahan cendera mata dan foto bersama.

Pengadilan Agama Kudus MANTAP ( Melayani, Amanah, Normatif, Transparan, Akuntabel, Profesional)

( Penulis : fitricahyaaa97 )

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Kudus

location icon 1 Jalan Raya Kudus - Pati KM 4

location icon Kudus - Jawa Tengah

phone icon Telp: 0291 438 385

Fax icon Fax: 0291 438 385

Communication email blue icon Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 Instagram : pa_kudus

Peta Lokasi

Kamera CCTV Online
Website ramah disabilitas
popup image